oleh

Biro Humas Kementerian ATR/BPN Adakan Pelatihan Infografis

Jakarta – Perkembangan teknologi dan informasi di era sekarang begitu cepat. Adanya arus informasi yang begitu cepat sampai kepada masyarakat ini dirasa perlu dikemas dengan menarik, salah satunya melalui infografis. Melalui infografis, informasi yang disampaikan dapat memudahkan masyarakat untuk memahaminya.
Untuk itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas) memberikan pelatihan peningkatan keterampilan infografis kepada jajarannya.
“Pelatihan Peningkatan Keterampilan Infografis ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kehumasan, baik secara eksternal maupun internal, dan dapat membangun Kementerian ATR/BPN sehingga menjadi lebih baik sesuai dengan nilai-nilai kementerian yaitu Melayani, Profesional, Terpercaya,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati saat memberikan arahan dalam pelatihan Peningkatan Keterampilan Infografis Biro Hubungan Masyarakat di Hotel Grandhika, Jakarta (03/06/2021).
Lebih lanjut, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan Humas memiliki tugas yang cukup penting untuk membangun persepsi atau citra baik kepada masyarakat terhadap Kementerian ATR/BPN melalui berbagai strategi komunikasi publik yang baik dan tepat.
“Humas dituntut untuk dapat lebih kreatif dalam mengelola dan menyampaikan informasi kepada publik sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima secara efektif oleh masyarakat,” katanya.
Sebagaimana yang diketahui bahwa tahun 2020 Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian ATR/BPN berjumlah 75,01. Indeks tersebut meningkat dari tahun ke tahunnya, Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian ATR/BPN pada 2017 sejumlah 64,65, pada 2018 naik menjadi 68,25 dan pada 2019 mendapat nilai indeks 72,32. Kenaikan tingkat Indeks tersebut tak lepas dari peran Humas.
Kepala Biro Humas, Yulia Jaya Nirmawati menuturkan bahwa Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian ATR/BPN yang meningkat selama beberapa tahun belakangan ini perlu dijaga dan humas harus mengambil peran dalam mendukung Indeks Reformasi Birokrasi.
“Yang kita lakukan adalah salah satunya pengelolaan informasi publik kepada masyarakat dan pengelolaan informasi tersebut bagaimana pentingnya peran humas dalam mendukung nilai Reformasi Birokrasi,” tuturnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Informasi Publik Biro Hubungan Masyarakat, Adi Maskawan menyampaikan tujuan dilaksanakan pelatihan ini guna meningkatkan SDM di Humas dalam mengelola kemampuan komunikasi publik melalui infografis.
“Bagaimana kita menyampaikan kepada masyarakat baik visual maupun verbal secara menarik agar yang ingin kita sampaikan benar tersampaikan kepada masyarakat terutama program strategis Kementerian ATR/BPN,” ungkapnya.
Pelatihan Peningkatan Keterampilan Infografis Biro Hubungan Masyarakat ini dilaksanakan di Hotel Grandhika yang akan dilaksanakan pada 3 s.d. 5 Juni 2021 dan diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga, Bagian Tata Usaha Pimpinan dan Protokol serta Bagian Informasi Publik dan Pengelolaan Pengaduan (IP3).
Baca Juga  Kementerian ATR/BPN Dorong dan Sukseskan Program Peningkatkan Kualitas PPAT

News Feed